Sejarah Tanda Baca



1. Tanda Tanya ?
Pada awalnya, dalam bahasa latin, untuk mengindikasikan pertanyaan, orang harus menuliskan kata "Questio" di akhir kalimat untuk menandakan bahwa kalimat tersebut adalah kalimat tanya. Maka untuk menghemat tempat, kata tersebut akhirnya disingkat menjadi qo, yang kemudian dimampatkan lagi menjadi huruf q kecil diatas huruf o, yang akhirnya makin lama makin habis menjadi titik dan garis mirip cacing, persis seperti tanda tanya kita sekarang.
2. Tanda Seru !

Seperti tanda tanya, awalnya juga dimulai dengan menumpuk huruf. Tanda ini berasal dari kata dalam bahasa Latin "io" yang berarti "seruan kegembiraan". ketika huruf i ditulis diatas huruf o, lama-lama dipersingkat seperti tanda seru kita sekarang ini.



3. Tanda Sama Dengan =
Ditemukan oleh ahli matematika Inggris Robert Recorde pada 1557, dengan pemikiran seperti ini (dalam bahasa Inggris kuno) "I will settle as I doe often in woorke use, a paire of paralleles, or Gmowe [i.e., twin] lines of one length, thus : , bicause noe 2 thynges, can be more equalle." atau terjemahannya: "Aku akan menggunakan tanda ini seperti biasanya, sepasang garis sejajar, atau kembar dengan panjang yang sama, karena tidak ada dua hal lagi yang bisa lebih sama dengan dua garis sejajar ini." Tanda sama dengan asli temuan Robert setidaknya 5 kali lebih panjang dari yang kita kenal sekarang.


4. Ampersand &

Simbol ini adalah bentuk stilir dari "et" dalam bahasa Latin yang berarti "Dan." Tanda ini ditemukan oleh Marcus Tullius Tiro, seorang penulis dari abad pertama di Roma. Nama Ampersand baru diberikan setelah 17 abad kemudian. Pada awal 1800-an, murid sekolah belajar simbol ini sebagai huruf ke 27 setelah Z, tapi masih tanpa mana. Jadi di awal 1800-an ini mereka belaar ABC dengan "and per se, and" yang berarti "&" dan kemudian karena saking cepatnya dibaca, akhirnya menjadi "ampersand"



5. Octothorp #
Nama aneh untuk tanda penomoran ini datang dari kata "Thorpe", kata dalam bahasa Normandia Kuno untuk desa atau tanah pertanian yang sering ditemui dalam bahasa Inggris untuk nama tempat. AWalnya digunakan untuk pembuatan peta, yang berarti desa yang di kelilingi delapan pertanian. Karena delapan (octa) dan pertanian (thorpe), maka muncul nama ini, Octothorp


6. Tanda Dollar $
Pemerintah Amerika baru menerbitkan uang mereka sendiri pada 1794, dan pada waktu itu masih menggunakan mata uang dunia lama - peso - atau Dollar Spanyol. Koin 1 Dollar Amerika pertama persis sekali seperti uang Peso Spanyol, baik berat maupun nilainya, jadi mereka mengambil singkatan yang sama: Ps. Makin lama perkembangannya, huruf P ditulis menimpa S, dan kemudian mulai lingkaran diatas P tadi dibuang, jadi hanya huruf S yang ditimpa dengan garis vertikal.

7. Tanda ET/ AT @
Berasal dari kata depan bahasa Yunani ανά (ana) yang berarti rate of tingkat atau per. (Penggunaan kata at"@" untuk penjelasan diatas : 7 objek @ 2$ = 14$. )
Tanda @ juga digunakan untuk alamat e-mail (surat elektronik) username@domain ; blog ; forum ;like site dan sebagainya.
Juga saat ini sebagai @ = at / at located (di / berada di) : @senayan.

8. Tanda Persen %
Tanda % (persen) diartikan sebagai sebuah nominal awall yang dibagi seratus. (n / 100 = n%).
Pada abad ke 15. Tanda persen bernama percento.


Pada Abad ke 17. Tanda percento hanya digunakan tanda P dan o saja.

Barulah pada abad ke 18. menjadi anda persen sekarang ini. menjadi tanda o diantara garis diagonal. %
*tanda permille (permil) yaitu nomor n dibagi 1000.
*tanda permyriad yaitu nomor n dibagi 10.000 .

9. Tanda Kurung ( )

Berasal dari Desiderius Erasmus, menggunakan istilah lunula yang menyerupai bentuk kecekungan bulan. sebagai tanda kurung. ( )

10.Tanda Asterisk *
Berasal dari bahasa Latin: asteriscus, atau dari bahasa Yunani / Greek: ἀστερίσκος, asteriskos, atau "astress".
Dulunya digunakan sebagai tanda untuk tanggal kelahiran. Dalam bidang Matematika digunakan sebagai perkalian, pengulangan ada juga sebagai simbol.

11.Tanda Garis Miring / BackSlash  \
Pertamakali di perkenalkan dalam perkomputeran pada 1960 oleh Bob Bemer
Terkadang disebut reverse solidus atau slosh, sebagai pencerminan tanda garis miring, virgula suspensiva atau simbol / .

12.Tanda Semicolon / Titik-koma ;

Pertama kali sicetak pada perkerjaan Aldus Manutius pada tahun 1494. Pertama kali dipergunakan si Inggris pada tahun 1591; Ben Jonson seorang penulis Inggris penting yang pertama kali menggunakananya secara sistematis.
Masa kini tanda semicolon digunakan untuk mendaftar barang-barang dan menyambungkan hal-hal yang berkaitan.

13.Tanda Titik  .
Adalah tanda baca yang biasanya terletak diakhir kalimat. Pada Abab 21 disebut dengan "dot" oleh anak muda.
Tanda titik bersal dari Bapak Tanda Baca, Aristophanes of Byzantium (Aristophanes dari Byzantium) yang menciptakan tanda baca.
Tanda titik juga ibedakan menurut tinggi letaknya:
Jika titknya diatas bernama "periodos" menunukan penyelesaian suatu kalimat ;
Jika titiknya ditengah bernama "kolon" (•) ; yang dimana titiknya berada di bawah (.) bernama "komma" yang keduanya menunjukkan sebagai penyelesauiian suatu pemikiran*
Tanda titik Asia (Mandarin, Jepang, Korea ,dkk) " 。"

14.Tanda Koma  ,
Sama seperti penjelasan diatas (Tanda Titik).
Dibentuk oleh Aristophanes dari Byzantium pada abad ke-3 SM (Sebelum Masehi).
Pada Abad ke 13 sampai abad ke 17, tanda koma mewakili arti pause / berhenti sejenak oleh Aldus Manutius.

15.Tanda Apostrof  ' ’
Menurut Oxford English Dictionatry (OED) [arti: Kamus Bahasa Inggris Oxford], tanda apostrof (apostrophe) berasal dari bahasa Yunani ἡ ἀπόστροφος [προσῳδία] (hē apóstrophos [prosōidía], yang artinya "berpaling" atau "penghilangan bunyi dlm percakapan" melalui bahasa Latin and Prancis.
Dalam Inggris :
tanda apostrof melambangkan kepunyaan : the cat's whiskers ; pens' caps (pemakaian yg benar yg artinya lebig dari 1 pen ketimbang [pens's caps peryataan yg salah ] ) ; dsb.
atau singakatan : I am = I'm ; I Will =I'll dsb.
n.b. : tanda apostrof bentuknya sperti kutip satu, namun bukan kutip 1 ( ‘ ’ )

16.Tanda Kutip “ ”
Pertama kali digunakan dalam abad pertama percetakan, tanda kutip digunakan sejak dulu untuk menunjukkan pembicara, dan masih dapat di lihat dari berbagai sumber alkitab.
Sebelum 1714 tanda kutip 2 digunakan sebagai hujatan, tapi tahun 1714 sudah digunakan sebagai kutipan langsung pidato/perkataan. Lalu tahun 1749 tanda kutip satu , umumnya digunakan sebagai kutipan untuk percakapan langsung.
Tanda kutip juga digunaakn sebagai NICKNAME : Miles “Tails” Prower < teman Sonic ^_^
contoh :
Good morning, Frank,” salam Hal < percakapan langsung
“Hal berkata, ‘Good morning, Dave’ " cerita Dave. < penceritaan kembali oleh Dave
tapi tetap hati2 dalam penggunaan kata :
contoh yang salah : Hal mengatakan bahwa "Semuanya berjalan sangat baik."
contoh yang benar : Hal mengatakan bahwa semuanya berjalan sangat baik.

17.Tanda Titik Dua  :
Titik Dua / colon (dari inggris) berasal dari Titik dua bahasa Latin (plural cola), yang kata itu berasal dari bahasa Yunani κῶλον (yg artinya bagian, tubuh, anggota, porsi).
Awal tercetaknya sama seperti semicolon, oleh Aldus Manutius pada tahun 1494.
Tanda titik dua / colon memberitahu pembaca mengenai hal yang didahulu tanda titik dua, tentang apa, contoh, daftar, element, maupun bukti. 

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...