Asal-Usul Kata Geek

Apa itu Geek? Pengertian Geek adalah orang yang amat tertarik kepada suatu hal. Saya (baca: ilmu komputer) mulai menunjukan ketertarikan yang luar biasa kepada komputer sejak menginjak bangku SMP.  OS mulai kenal adalah Disk Operating System (DOS). Menurut Wikipedia definisi dari Geek adalah:
A person who is interested in technology, especially computing and new media. Geeks are adept with computers, and use the term hacker in a positive way, though not all are hackers themselves.
Seorang Geek biasanya sulit beradaptasi dengan dunia luar. Karena tiap harinya hanya berkutat pada dunia komputer. Sedikit ada kesamaan dengan Hacker. Perbedaan yang paling mencolok dari Geek adalah tidak selamanya ia mengenal baik celah keamanan pada komputer. Jadi seorang Geek bukan berarti Hacker. Itulah definisi Geek yang tengah berkembang belakangan.
Menurut SAYA:
"orang yang menghabiskan waktunya untuk belajar tentang segala sesuatu yang  berkaitan dengan komputer, dia selalu bertanya Mengapa ini bisa terjadi? Apa sebabnya? Lalu mereka ingin mencoba mempraktekkan sendiri, dan setelah bisa dia tak segan membagikan ilmu tentang komputer tersebut kepada orang lain".

Pernah gak denger kata-kata Geek? Saya sedikit tertarik dengan istilah Geek. Sering saya denger kata-kata tersebut waktu nonton tv atau film remaja buatan luar,bahkan juga sering disebut di majalah. Baru sempet sedikit mencari tau apa itu Geek dan berikut ringkasan dari apa yang saya dapat. Menurut sumber yang dapat dipercaya, Geek adalah seseorang yang pintar dan bisa dikatakan cerdas, dan kurang bagus dalam bermasyarakat.

Seorang Geek merasa tidak akrab dengan planet yang  dihuninya, planet yang selalu di telusurinya melalui penuntunnya, komputer, yang membawanya ke tempat impian berupa Cyberspace (suatu tempat yang menurutnya lebih riil dibanding hidupnya, suatu daerah yang dapat ia taklukan, bukan kamar di rumahnya yang membosankan).





Berikut adalah karakteristik seorang Geek :
* Seseorang yang tertarik akan teknologi, terutama teknologi dan media baru. Kebanyakan geeks adalah ahli komputer, dan mereka menggunakan istilah hacker sebagai perhormatan terhadap dirinya, tetapi tidak semua dari mereka adalah hacker.


* Seseorang yang menghubungkan akademik (mata kuliah/pelajaran) dengan dunia nyata di luar akademik, sebagai contoh, menggunakan perhitungan kalkulus untuk menentukan bagaimana mereka dapat dengan tepat mengoptimalkan dimensi suatu panci untuk membakar suatu kue.

* Seseorang yang memilih konsentrasi dibanding kenyamanan, dia selalu mengembangkan ketrampilan (terutama kecakapan teknis) dan imajinasi.

* Seseorang yang setia pada sesuatu yang menempatkan dia di luar suatu keramaian.

* Orang-orang biasa melabeli atau mengidentifikasi mereka sebagai mathematics geeks, engineering geeks, sci-fi geeks, computer geeks, various science geeks, movie and film geeks (cinephile), comic book geeks, theatre geeks, history geeks, gamer geeks, music geeks, art geeks, philosophy geeks, literature geeks, and roleplay geeks.


Biasanya Geek selalu up-date dalam hal dan pengetahuan tentang teknologi terbaru. Gadget yang dipunyainya juga selalu yang luar biasa menuru orang-orang disekitarnya.

Namun seiring berkembangnya zaman, Geek juga berkembang, atau lebih tepatnya Geek tidak berkembang namun cakupannya yang semakin luas. Secara penampilan orang-orang Geek bisa dibilang aneh, namun belakangan banyak yang meniru Geek secara penampilan saja.

Neh bedanya geek beneran sama geek chic


Melihat dari ciri-ciri Geek diatas, saya jadi berpikir, betapa berpotensinya teman-teman saya untuk hampir mendekati kriteria Geek tersebut. Mereka fokus di depan komputer masing-masing, kurang bersosialisasi, memiliki "dunianya" ketika browsing juga lebih suka praktek daripada masuk kuliah sebenarnya. Kampus saya memang sangat berpotensi menciptakan orang-orang Geek mengingat tugas yang begitu padat di pertengahan masa kuliah.

Para blogger sejati pun terancam untuk menjadi seorang Geek. Maka cara paling kongkrit menghindari "sindrom" tersebut yaitu buat kamu yang hobi browsing ampe pagi jangan lupa menyeimbangkan dengan bersosialisasi. :)

Nah, apakah kamu termasuk Geek?

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...