Kata-kata Motivasi Hari Ini

Jangan biarkan jati diri menyatu dengan pekerjaan Anda.Jika pekerjaan Anda lenyap, jati diri Anda tidak akan pernah hilang.
Hari ini Anda adalah orang yang sama dengan Anda di lima tahun mendatang, kecuali dua hal: orang-orang di sekeliling Anda dan buku-buku yang Anda baca.
Orang yang paling tidak bahagia ialah mereka yang paling takut pada perubahan.
Sumber kekuatan baru bukanlah uang yang berada dalam genggaman tangan beberapa orang, namun informasi di tangan banyak orang.
Benih semua prestasi adalah kemampuan, bukan harapan atau impian.
Siapapun tidak akan sanggup menyelesaikan pekerjaan besar sebelum sanggup mengatasi dirinya.
Jenius adalah 1% inspirasi dan 99% keringat.Tidak ada yang dapat menggantikan kerja keras.Keberuntungan adalah sesuatu yang terjadi ketika kesempatan bertemu dengan kesiapan.
Ketika satu pintu tertutup, pintu lain terbuka.Namun terkadang kita melihat dan menyesali pintu tertutup  tersebut terlalu lama hingga kita tidak melihat pintu lain yang telah terbuka.
Yang terpenting dalam Olimpiade bukanlah kemenangan, tetapi keikutsertaan...Yang terpenting dari kehidupan bukanlah kemenangan namun bagaimana bertanding dengan baik.
Takut akan kegagalan seharusnya tidak menjadi alasan untuk tidak mencoba sesuatu.Kepemimpinan adalah Anda sendiri dan apa yang Anda lakukan
Setiap kesengsaraan, kegagalan, dan kenestapaan hidup senantiasa membawa banih-benih keuntungan yang lebih besar.
Saya sampai pada kesimpulan, bahwa seluruh kegagalan saya di masa lalu ternyata menciptakan pemahaman baru tentang hidup yang sekarang saya nikmati.
Mungkin saja Anda akan dikalahkan oleh keadaan untuk sesaat, tetapi Anda tidak akan kalah untuk selamanya kecuali Anda kalah oleh diri sendiri.
Jadikanlah kegagalan sebagai guru bukan belenggu yang menghancurkan hidup Anda, karena sesungguhnya kegagalan adalah penundaan, bukan kekalahan yang mengakhiri segalanya.Hanya ada satu cara untuk menghindari kegagalan: Jangan katakan, jangan lakukan, dan jangan menginginkan sesuatu.
Kejujuran adalah batu penjuru dari segala kesuksesan.Pengakuan adalah motivasi terkuat.Bahkan kritik dapat membagun rasa percaya diri saat disisipkan diantara pujian.
Tujuan hidup adalah gawang, dimana Anda mengarahkan tendangan bola dengan segenap konsentrasi dan kekuatan yang Anda miliki.
Selamanya Anda tidak akan pernah tahu siapa diri Anda, sampai Anda bisa melihat hasil karya Anda.
Menjalani hidup dari tujuan akhir, adalah langkah menaiki tangga kekuatan di dalam diri yang akan menyadarkan Anda, bahwa kegagalan merupakan jalan kesuksesan.
Hanya dengan berpedoman pada prinsip kebenaran abadi, yang akan tetap mendorong Anda untuk mencapai tujuan ideal.Anda akan tetap sabar, ketika dunia tidak mempedulikan nasib Anda.Anda akan tetap tenang ketika orang lain menggoda Anda dengan pujian.
Jangan hanya menenggelamkan diri dalam kesibukan yang menyibukan, tetapi bertanyalah apa tujuan dari kesibukan Anda.
Kebahagiaan sejati akan Anda dapatkan ketika Anda mengabdikan diri pada tujuan yang luhur.
Menjalani meditasi dan mengarahkan konsentrasi pada satu objek dalam satu waktu, akan mengajarkan Anda tentang bagaimana mengerahkan fokus yang Anda pilih.
Semakin giat Anda mencari keamanan hidup, semakin berkurang rasa aman yang Anda miliki.Semakin giat Anda mencari peluang kemungkinan hidup, semakin banyak keamanan yang akan Anda raih.
Materi hidup yang perlu Anda pelajari adalah bagaimana mengatasi keadaan ketika peristiwa yang tidak Anda inginkan terjadi.
Ketika kekalahan datang, terimalah kekalahan itu sebagai isyarat bahwa rencana Anda kurang kokoh.Perbaikilah rencana Anda sekali lagi dan teruskan perjalanan menuju tujuan.
Nasibmu adalah kumpulan dari tindakanmu, dan kumpulan dari apa yang sanggup engkau lakukan.Tidak ada lagi.
Jadilah diri sendiri.Milikilah Visi, harapan optimisme, tujuan dan prinsip hidup.Anda akan menjadi sosok yang dipotret oleh Visi Anda.
Bakat terbentuk dalam gelombang kesunyian, watak terbentuk dalam riak besar kehidupan.
Jangan pernah melupakan apa pun yang dikatakan seseorang ketika ia marah, karena akan seperti itu pulalah perlakuanna pada Anda.
Secara teoritis saya meyakini hidup harus dinikmati, tapi kenyataannya justru sebaliknya.Karena tak semuanya mudah dinikmati.
Orang yang menginginkan impiannya menjadi kenyataan, harus menjaga diri agar tidak tertidur.
Kita hanya berfikir ketika terbentur pada suatu masalah.
Yang baik bagi orang lain adalah selalu yang betul-betul membahagiakannya.
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri.Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.
Bila Anda ingin bahagia, buatlah tujuan yang bisa mengendalikan pikiran, melepaskan tenaga, serta mengilhami harapan Anda.
Bila orang mulai dengan kepastian, dia akan berakhir dengan keraguan.Jika orang mulai dengan keraguan, dia akan berakhir dengan kepastian.
Tak diinginkan, tak dicintai, tidak diperhatikan, dilupakan orang, itu merupakan derita kelaparan yang hebat, kemiskinan yang lebih besar daripada orang yang tak bisa makan.Kita harus saling merasakan hal itu.
Pengalaman bukan saja yang telah terjadi pada diri Anda, melainkan apa yang Anda lakukan dengan kejadian yang Anda alami.
Dunia adalah komedi bagi mereka yang memikirkannya, atau tragedi bagi mereka yang merasakannya.
Saya percaya kata managing berarti memegang burung dara di kepalan tangan.Kalau terlalu kencang ia akan mai, tapi bila terlalu kendur bisa terlepas.
Kemajuan merupakan kata yang merdu.Tetapi perubahanlah penggeraknya dan perubahan mempunyai banyak musuh.
Kemampuan menertibkan keinginan merupakan latar belakang dari watak.
Kalau manusia berangsur menjadi tua, umumnya ia cenderung menentang perubahan, terutama perubahan ke arah perbaikan.
Selama hidup saya yang sudah 87 tahun ini, saya telah menyaksikan serentetan revolusi teknologi.Tetapi tidak satupun diantaranya yang tidak membutuhkan watak yang baik atau kemampuan untuk berfikir.
Orang yang berjiwa besar memiliki dua hati; satu hati menangis dan yang satu lagi bersabar.
Tuhan telah memasang suluh dalam hati kita yang menyinarkan pengetahuan dan keindahan; berdosalah mereka yang mematikan suluh itu dan menguburkannya ke dalam abu.
Kerendahan hati disukai orang-orang terkenal.Namun orang yang bukan apa-apa sulit untuk rendah hati.
Emansipasi merupakan seni untuk berdiri di atas kaki sendiri namun dipeluk tangan orang lain.
Sebab kehidupan tidak berjalan mundur, pun tidak tenggelam dimasa lampau.
Jangan terjebak dalam kesalahan hidup, dimana Anda mencoba meraih tujuan hidup secara instant sekaligus dan langsung besar, bagaikan aksi sulap yang dapat mentransformasikan khayalan menjadi realita.Perlu Anda ketahui, sesuatu yang besar itu tidak pernah tercipta kecuali Anda memulai dengan sesuatu yang kecil untuk pertama kali.Kesuksesan seseorang, pada umumnya direalisasikan bukan oleh perubahan nasib mendadak, melainkan dari langkah yang sederhana, secara terus-menerus menapaki tangga kemajuan.
Prestasi besar adalah hak yang pantas bagi orang yang punya harapan optimis.
Bersiaplah untuk menyongsong kedatangan peluang hidup .Nasib baik adalah ketika persiapan dan peluang bertemu.
Awalnya cita-cita besar itu dipandang tidak mungkin terjadi, lalu mungkin, kemudian dan seringkali terjadi.
Semua orang menginginkan kesuksesan.Bagi saya kesuksesan hanya bisa diraih dengan kegagalan dan instropeksi diri.
Orang sukses mendapatka keuntungan dari kesalahan yang dilakukan, lalu mencobanya sekali lagi.
Orang sukses itu umumnya ahli dalam menyederhanakan masalah hidup, sehingga ia selamat dari perdebatan argumen, perbedaan pendapat, dan keragu-raguan yang tidak perlu.Ia memotong serangkaian masalah dengan solusi yang dibutuhkan oleh semua orang.
Jika Anda ditanya rumus apakah yang bisa menjamin kesuksesan orang?Jawablah dengan mudah:Tambahlah jumlah kegagalan Anda!Mungkin Anda mengira kegagalan merupakan musuh kesuksesan, padahal sama sekali tidak.Anda boleh memilih menjadi binasa karena kegagalan atau memilih belajar dari kegagalan.Majulah dan jangan Anda menghindari kegagalan karena takut gagal.Biasanya kesuksesan Anda ditemukan di lokasi yang tidak jauh dari tempat Anda gagal.
Hampir semua orang sukses yang sudah saya temui mengatakan: Hidup saya mulai berubah sejak keyakinan saya berubah.
Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikunya tanpa kehilangan semangat.
Kearifan ditemukan hanya dalam kebenaran.
Perdamaian tidak dapat dijaga dengan kekuatan.Hal itu hanya dapat diraih dengan pengertian.
Agama sejati adalah hidup yang sesungguhnya; hidup dengan seluruh jiwa seseorang, dengan seluruh kebaikan dan kebajikan seseorang.
Dua hal yang membangkitkan ketakjuban saya – langit bertaburkan bintang di atas dan  alam semesta yang penuh hikmah di dalamnya.
Apa yang saksikan di Alam adalah sebuah tatanan agung yag tidak dapat kita pahami dengan sangat tidak menyeluruh, dan hal itu sudah semestinya menjadikan seseorang yang senantiasa berpikir dilingkup perasaan ’rendah hati’.
Berusahalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil tapi berusahalah menjadi manusia yang berguna.
Marah itu gampang.Tapi marah kepada siapa, dengan kadar kemarahan yang pas, pada saat dan tujuan yang tepat, serta dengan cara yang benar itu yang sulit.
Kesakitan membuat Anda berpikir.Pikiran membuat Anda bijaksana.Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.
Kebahagiaan dari setiap negara lebih bergantung pada watak penduduknya daripada bentuk pemerintahannya.
Jangan pernah membanting pintu, siapa tau kita harus kembali.
Saya lebih suka lamunan untuk masa akan datang daripada sejarah masa lalu.
Dari semua hal, pengetahuan adalah yang paling baik, karena tidak kena tanggung jawab maupun tidak dapat dicuri, karena tidak dapat dibeli, dan tidak dapat dihancurkan.
Pendidikan mengembangkan kemampuan, tetapi tidak menciptakannya.
Pendidikan yang baik tidak menjamin pembentukan watak yang baik.
Manusia mudah dibohongi oleh orang yang dicintainya.
Kemenangan yang paling indah adalah bisa menaklukkan hati sendiri.
Tidak ada yang selembut dan sekeras hati.Tapi juga mengherankan, pekerjaan apa yang dapat kita selesaikan kalau kita hanya memulainya.
Saya tak hanya menggunakan semua kecerdasan yang dimiliki otak melainkan juga yang dapat saya pinjam.
Yang kalah adalah wujud hukuman atas kegagalan.Pemenang adalah penghargaan atas kesuksesannya.
Bila Anda mengatakan apa yang Anda pikirkan, jangan harap hanya mendengar apa yang Anda sukai.
Kesulitan itu ibarat seorang bayi.Hanya bisa berkembang dengan cara merawatnya.
Jika Anda dapat memimpikannya, Anda dapat melakukannya.Ingatlah, semua ini diawali dengan seekor tikus, tanpa inspirasi...kita akan binasa.
Pengetahuan tidaklah cukup; kita harus mengamalkannya.Niat tidaklah cukup; kita harus melakukannya.
Kenyataan hidup mengajarkan, bukan peluang yang menciptakan kemauan, tetapi kemauanlah yang menciptakan peluang.
Gagasan merupakan sumber kemakmuran, sumber kesuksesan, sumber kekayaan, sumber penemuan dan sumber prestasi.
Segelap apapun keadaan yang terjadi dalam hidup, jangan pernah menutup mata untuk melihat kemungkinan, sebab selalu ada peluag disana.
Memang Anda tidak diberi kewenangan untuk mengubah keadaan dunia, tetapi Anda bisa mengubah dunia dengan mengubah sikap Anda terhadap dunia.
Saya mempunyai cita-cita besar di samping juga saya menghadapi tantangan besar, taklukkanlah tantangan demi pengabdian atas cita-cita besar.
Tantangan bagi setiap orang adalah bagaimana membuang ide lama yang menghalangi realisasi ide baru, bukan bagaimna menggagas ide baru.
Jangan Anda membuang waktu untuk mengatasi masalah, sementara Anda belum tahu apa yang benar-benar penting bagi Anda.
Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar.
Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar.
Setiap orang di dunia ini adalah seorang tamu, dan uangnya adalah pinjaman.Tamu itu pastilah akan pergi, cepat atau lambat, dan pinjaman itu haruslah dikembalikan.
Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh.Jika kepalanya hilang, maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk.Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak.
Niat adalah ukuran dalam menilai benarnya sesuatu, oleh karenanya, ketika niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan jika niatnya buruk, maka perbuatan itu buruk.
Aku mengamati semua sahabat, dan tidak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah.Saya memikirkan tentang semua pekaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa.Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik.Aku mencari segala bentuk rezki, tapi tidak menemukan rezki yang lebih baik daripada sabar.
Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.Bersuka citalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan dan bertekunlah dalam doa.Bantulah dalam kekrungan orang-orang kudus dan usahakanlah dirimu untuk selalu memberikan tumpangan! Berkatilah siapa yang menaganiyaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk! Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis.
Berbahagialah orang yang bertahan dalam percobaan apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barang siapa yang mengasihi Dia.
Sesungguhnya tangan Tuhan tidak kurang panjang untuk menyelamatkan dan pendengarkan Nya tidak kurang tajam untuk mendengar, tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allah-mu ialah segala kejahatanmu dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.
Persahabatan itu adalah tanggungjawaban yang manis, bukannya peluang.
Sahabat adalah keperluan jiwa yang mesti dipenuhi.Dialah ladang hati, yang kau taburi dengan kasih dan kau subur dengan penuh rasa terimakasih.Dan dia pulalah naungan dan pendianganmu.Karena kau menghampirinya saat hati lupa dan mencarinya saat jiwa memerlukan kedamaian.
Persahabatan adalah penjami kualitas kebersamaan.Seorang sahabat tidak memiliki kepentingan lain dari kita, kecuali membantu kita menjadi pribadi yang berbahagia dengan pilihan-ilihan baik kita.Seorang sahabat adalah seorang rekan yang mengenal lagu-lagu keberanian di hati Anda, dan yang kemudian dengan peuh kasih sayang menyanyikan lagu-lagu itu saat Anda berkecil hati.Setiap orang mungkin bisa mendengar yang Anda katakan, tetapi sedikit sekali yang betul-betul mendengarkan, dan hanya seorang sahabat yang mampu mendengar yang tidak Anda katakan.Dan dengannya dia memberikan – bahkan yang tidak Anda minta.
Kita lahir dengan dua mata di depan wajah kita, karena kita tidak boleh selalu melihat ke belakang. Tapi pandanglah semua itu ke depan, pandanglah masa depan kita.Kita dilahirkan dengan dua buah telinga di kanan dan di kiri, supaya kita dapat mendengarkan semuanya dari dua buah sisi.Untuk berupaya mengumpulkan pujian dan kritikan dan memilih mana yang benar dan mana yang salah.Kita lahir dengan otak di dalam tengkorak kepala kita.Sehingga tidak peduli semiskin manapun kita, kita tetap kaya.Karena tidak akan ada seorangpun yang dapat mencuri otak kita, fikiran kita dan idea kita.Dan apa yang Anda fikirkan dalam otak Anda jauh lebih berharga daripada emas dan perhiasan.Kita lahir dengan 2 mata dan 2 telinga, tapi kita hanya diberi 1 buah mulut.Karena mulut adalah senjata yang sangat tajam, mulut bisa menyakiti, bisa membunuh, bisa menggoda, dan banyak hal lainnya yang tidak menyenangkan.Sehingga ingatlah bicara sesedikit mungkin tapi lihat dan dengarlah sebanyak-banyaknya.Kita lahir hanya dengan 1 hati jauh di dalam diri kita.Mengingatkan kita pada penghargaan dan pemberian cinta diharapkan berasal dari hati kita yang paling dalam.Belajar untuk mencintai dan menikmati betapa kita dicintai, tapi jangan pernah mengharapkan orang lain untuk mencintai kita seperti kita mencintai dia.
Kadang-kadang hati kita melihat apa yang tidak terlihat oleh mata.
Menurutku, bila menginginkan pelangi, kau harus bersedia menghadapi hujan.
Nilai tertinggi dari seorang manusia bukanlah dimana ia berpijak pada saat-saat nyaman dan menyenangkan, tetapi dimana ia berijak pada saat-saat tantangan dan pertentangan.
Masalah adalah bagian dari hidup, dan jika tidak membaginya, kita tidak memberi kesempatan pada orang yang mencintai kita untuk cukup mencintai kita.
Ketika cinta memanggilmu, maka dekatilah dia walau jalannya terjal berliku, jika cinta memelukmu, maka dekaplah ia walau pedang di sela-sela sayapnya melukaimu.

Cinta adalah satu-satunya kebebasan di dunia karena cinta itu membangkitkan semangat – hukum-hukum kemanusiaan dan gejala alamipun tak mamu mengubah perjalanannya.
Jika cinta tidak dapat mengembalikan dia kepada Anda dalam kehidupan ini, pastilah cinta akan menyatukan kalian dalam kehidupan yang akan datang.
Hanya ada dua cara untuk menjalani hidup.Salah satu cara adalah seolah-olah kejadian itu tidak ada, cara lainnya adalah seolah-olah segala sesuatu adalah keajaiban.
Setiap momen yang hebat menawan dalam sejarah dunia adalah kemenangan dari antusiasme.
Ketika seorang samurai sejati berperang, dia mempersiapkan diri untuk mati, tetapi yang sering terjadi justru musuhnya yang mati.
Lakukan apa saja yang kamu anggap benar, karena apapun yang Anda lakukan juga akan dikritik. Anda akan dikutuk juga jika tidak melakukannya.
Tidak ada kesuksesan sejati tanpa penolakan.Semakin banyak penolakan yang ada, semakin unggul, semakin banyak belajar, dan semakin dekat dengan harapan Anda.
Satu-satunya orang yang tidak membuat kesalahan ialah orang yang tidak berbuat apa-apa.Jangan takut kepada kesalahan, selama Anda tidak mengulangi kesalahan yang sama.
Tiap orang mempunyai bakat.Apa yang kurang adalah keberanian untuk mengantar bakat ketempat gelap yang dituju.
Kepuasan terletak pada usaha, buka pada hasil.Usaha dengan keras adalah kemenangan yang hakiki.
Kesuksesan itu suatu perjalanan, bukan tempat tujuan; separuh dari kesenangan terdapat ditengah perjalanan menuju kesana.
Jika Anda tidak mengalami kegagalan dan pahitnya kegagalan, Anda tidak dapat manisnya kesuksesan.
Belajar dari kegagalan adalah cara meraih kesuksesan.Tidak pernah gagal berarti tidak pernah menang.
Seandainya bisa, saya akan berdiri disudut yang ramai dan mengemis kepada orang-orang agar melemparkan kepada saya semua waktu yang mereka buang-buang.
Saya belum pernah mendengar siapapun yang tersandung ketika sedang duduk.Karen itu jalanlah terus meski Anda tersandung dan jangan berhenti.
Keunggulan adalah melakukan hal biasa dengan cara yang tidak biasa.
Kegagalan ini bukanlah karena jatuh, tetapi karena tidak mau bangkit kembali.
Anda harus melakukan hal yang Anda pikir tidak dapat Anda lakukan.
Jika Anda maju dengan penuh keyakinan menuju impian dan berusaha menghayati kehidupan yang dibayangkannya, Anda akan bertemu dengan keberhasilan yang tidak terduga-duga.
Orang yang bercita-cita tinggi adalah orang yang menganggap teguran keras baginya lebih lembut daripada sanjungan merdu seorang penjilat yang berlebih-lebihan.
Jangan membanggakan apa yang telah engkau lakukan hari ini, sebab engkau tidak akan tahu apa yang akan diberikan hari esok.
Janganlah sekali-sekali engkau mempercayai kasih sayang yang datang tiba-tiba, karena dia akan meninggalkanmu dengan tiba-tiba juga.
Lidah yang menyebut nama Tuhan tidak pantas dipakai untuk mnyebut kata-kata nista.
Jika engkau menginginkan kebaikan, segeralah laksanakan sebelum engkau mampu.Tetapi jika engkau menginginkan kejelekan, segeralah hardik jiwamu karena telah menginginkannya.
Salah satu kunci hidup bahagia: setiap kali seseorang membuat kesalahan segera hapuskan dari ingatan.
Semua penemuan besar selalu berasal dari orang-orang yang perasaannya berlari mendahului pemikirannya.
Hidup seekor lebah lebih bernilai daripada binatang lain, buka lantaran ia pekerja giat, tapi karena ia lebih suka bekerja untuk kenikmatan pihak lain.
Kita tidak bisa menjadi bijaksana dengan kebijaksanaan orang lain, tapi kita bisa berpengetahuan dengan pengetahuan orang lain.
Jika kita sungguh-sungguh menginginkan cinta, maka cintalah pada akhirnya yang justru menunggu kita.
Orang yang tidak bisa memaafkan orang lain sama saja  dengan orang yang memutuskan jembatan yang harus dilaluinya, karena semua orang perlu dimaafkan.
Ada dua hal yang harus Anda lupakan: Kebaikanyan Anda lakukan kepada orang lain dan kesalahan orang lain kepada Anda.
Suatu kehidupana yang penuh kesalahan tak hanya lebih berharga, namun juga lebih berguna dibandingkan hidup tanpa melakukan apapun.
Pengetahuan ada dua macam: yang telah kita ketahui dengan sendirinya atau yang hanya kita ketahui dimana ia bisa didapatkan.
Kita tidak dapat memperoleh pikiran yang damai kecuali kita dapat behubungan dengan sumber kedamaian yang ada di dalam diri kita.Jika kamu mencarinya di luar, kamu tidak akan pernah menemukannya.
Kadang kala kita dilahirkan dalam keadaan fakir miskin (sengsara), karena Tuhan menghendaki kita belajar bersemangat pantang mundur dan berlatih kerberanian diri.
Pada saat kita lancar atau sukses, kita akan santai; justru harus lebih waspada, jangan menjadikannya sesuatu terjadi karena kemampuan kita, hingga kehilangan rendah hati, rasa penyesalan, lalu mulai malas, tidak dapat maju.
Anda harus ungkapkan perasaan hati Anda.Agar orang lain dapat mengetahui bahwa ia telah melukai hati Anda.Kemudain segera menyelesaikannya.Jangan menyimpannya.Berapa lamakah Anda dapat menyimpannya?Hawa kemarahan yang tertmbun dalam hati Anda dapat terbawa dari satu kelahiran ke kelahiran berikutnya.Hingga suatu saat, jika hawa itu sangat besar, Anda bisa terlahir menjadi binatang.Jenis binatang yang sangat buas.Itu hanya disebabkan sentimen marah Anda tidak segera dihapuskan.Maka janganlah meremehkan hal ini.Itu adalah konsep pemikiran yang salah.
Ingin mengetahui Anda ada kemajuan atau tidak, cukup melihat perubahan watak diri Anda, keluasan wawasan Anda dan pengembangan kemurahan hati Anda.Itulah kemajuan dan tingkat Anda sesungguhnya.
Imanmu harus lebih kuat dari rasa takutmu; itulah pelajaranmu, karena Tuhan senantiasa lebih kuat dari kekuatan negatif. Jadi jika kamu bersama Tuhan, kamu tidak perlu merasa takut.
Apabila hati kita tulus, ego berkurang, dinding ketidaktahuan dapat retak, kita dapat melihat banyak alam yang berbeda-beda.
Penelitian & pengembangan sangatlah diperlukan didalam tahap memajukan suatu usaha, bagaimanapun kecil dan besar usaha tersebut.
Bila seseorang meluangkan hari liburnya untuk orang lain, pasti ada maksud tertentu yang akan diperbuatnya.
Mereka yang cakap didalam bertahan akan menang bila saatnya menyerang.
Kalau ada kucing yang tersudut di tembok, jangan Anda serang, karena kucing yang tersudut akan melarikan diri melalui wajah Anda.Orang-orang yang hidupnya tidak jelas apa yang akan dilakukannya, adalah orang-orang yang hidupnya belum mengambil tanggung jawab terlalu besar sampai ia terpaksa.
Jika memiliki tujuan, hidup akan jauh lebih berarti, setiap langkah akan selalu berorientasi, dan setiap perbuatan pastilah merupakan bentuk dari dedikasi.Memiliki tujuan berarti memiliki visi, ketetapan hati, dan keikhlasan untuk memahami serta memaknai diri sendiri.
Perubahan yang tidak direncanakan serta langkah-langkahnya yang tidak dibekali ilmu adalah sebuah ujian dengan ketidaklulusan yang sudah dipastikan.
Perencanaan dalam proses menata hidup adalah sebuah keniscayaanyang mutlak diperlukan agar hasil yang didapatkan sesuai dengan kualitas yang diharapkan.
Penigkatan kapasitas dan proses pengembangan diri akan terhenti jika kita tidak mampu untuk mensyukuri potensi.Artinya, proses bersyukur yang sebenernya bukanlah sekedar pandai menikmati saja, tetapi terus mengasah diri dan mengeksplorasi kemampuan untuk memberi kontribusi.
Kreatif menjadi beda, dan inovatif sebenarnya adalah sebuah proses yang berkonotasi positif.Saat inovasi tidak berangkat dari sebuah kebutuhan dan proses diferensiasi tidak melahirkan keselarasan,inovasi dan diferensiasi dapat menghasilkan perubahan yang membahayakan.
Menjadi beda terkadang memang merupakan sebuah keunggulan.Namun, pada saat yang tepat, berjamaah akan jauh lebih bermanfaat.
Dengan kita melakukan bersedekah, pikiran tidak menjadi serakah, hati menjadi jernih, hilang pula sifat pemarah, dan menjalani kerja sama pun menjadi jauh lebih mudah.Bahkan, rasa ingin berbagi itu ternyata menghasilkan kecerdasan  dan kepedulian.Memang, tidak akan cukup tempat di dunia ini jika setiap orang ingin mengutamakan keinginan dan kepentingannya masing-masing.
 Sifat mengedepankan kepentingan diri sendiri pada gilirannya akan menghasilkan tujuan hidup yang berorientasi ke dalam.Sebuah orientasi sempit yang tidak menyediakan cukup ruang bagi hadirnya kebahagiaan yang datang sebagai hasil dari berbagai proses interaksi.
Perbedaan dan keragaman dapat menjadi rahmat jika saling mengisi dan bersinergi.Sebaliknya, tanpa kesepakatan, persamaan tujuan, regulasi, dan pengelolaan yang tepat, akan terjadi kekacauan yang menyita energi dan membonsai potensi.
Sesuatu yang buruk seperti yang ditampakkan, belum tentu seperti itu kenyataannya.Mungkin saja penampilan hanya kamflase bagi orang-orang yang tidak mau mengerti.
Sedekah tidak harus selalu berupa materi, tapi sekedar menghadirkan kehangatan, kegembiraan, dan menjauhkan kesedihan kiranya tak kalah pula nilainya.
Keserakahan, sebagaimana berbagai sifat buruk lainnya, dapa saja dikemas dan ditampilkan sebagai sebuah ekspresi yang cerdas dan sopan.
Terkadang, dalan hidup kita menjumpa dua pilihan yang sama berat dan sulitnya.Kerapkali pula lupa bahwa sesungguhnya kita selalu memiliki pilihan ketiga, dan pilihan itu biasanya begitu dekatnya dengan kita sehingga justru sering diabaikan.
Kita acapkali terjebak dalam konsep pencritaan diri, dan citra diri itu dibangun dengan puji dan apresiasi sehingga jika kita berprestasi, puji dan apresiasi akan langsung kita akuisisi.Kita lupa bahwa semua yang dimiliki ini adalah sekedar titipan dari Yang Maha Memiliki.
Kesederhanaan dan kejujuran adalah kunci dari kejernihan pikiran.Hanya saja, syarat untuk menjadi jujur dan sederhanalah yang untuk sebagian dari kita terasa berat.m
Kemampuan memandang dan menempatkan masalah secara proporsional akan memandu kita untuk dapat meletakkan faktor dan variabel pengurai di tempat yang tepat.Walhasil, solusinya pun cepat, tepat, dan akurat.
Nafsu dunia yang berupa harta dapat membuat lupa bahwa maut dapat menjemput kita kapan pun dan di mana pun.
Dalam dimensi dan konteks permasalahan apa pun, melampaui batas selalu dapat diartikan sebagai awal dari sebuah kehancuran.
Konsistensi akan melahirkan integritas dan kemampuan untuk mengoptimasi potensi.
Cinta memang tak berbatas tegas, tetapi dalam proses memaknainya kita harus memiliki orientasi yang jelas.Setiap makhluk layak untuk dicintai.Namun ingat, ada Yang Mahalayak senantiasa menanti.Jadikanlah semua cinta dalam hidup ini sebagai anak tangga yang dititi untuk mencapai hakikat cinta yang sejati.
Dari mana kekecewaan itu berasal? Dari sebuah keyakinan bahwa setiap kebaikan tentulah akan berbuah kebaikan pula.Padahal, konsep dasar kebaikan sesungguhnya hanyalah sederhana, cukup berniat illahi ta’ala saja.
Kebaikan yang dikerjakan semata demi kebaikan itu sendiri, apa adanya, biasanya justru akan berbuah segala-galanya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...