Asal-Usul Kata OK

[Image: OK.gif]

Kata ini digunakan oleh para penutur bahasa-bahasa yang masih satu rumpun dengan bahasa Inggris hingga yang berbeda rumpun. Bahkan, orang-orang Rusia yang tidak mengenal susunan vokal+konsonan seperti ini pun tetap fasih melafalkan OK. Demikian pula orang-orang Arab. Meski penggunaannya sudah menyebar begitu luas, tidak terlalu jelas dari mana kata ini berasal. Dalam bidang bahasa dikenal istilah etimologi, yakni ilmu yang mempelajari asal usul suatu kata. Riwayat kata OK merupakan salah satu topik paling populer yang dikaji oleh para etimolog.

Ternyata kata "OK" merupakan singkatan dari kata "Oll Korrect" bukan "All Correct'".
Terasa aneh bukan? Begini Sejarahnya kawan-kawan.

Pada tahun 1839 di kota New York dan Boston lagi ngetren yang namanya bahasa "slank", alias bahasa gaul. Contohnya kaya singkatan "KY" yg asalnya "Know Yuse", "OW" untuk "Oll Wright" (pendahulu dari 'Oll Korrect'), "KG" untuk "Know Go", "NS" untuk "Nuff Said", dan banyak lainnya.

"OK" merupakan kata Slank yg masih bertahan, dikarenakan pada tahun 1840 ada suatu pemilu di New York, dimana sang kandidat yg bernama Martin Van Buren menggunakan kata OK sebagai slogan. Nama panggilan Van Buren adalah "Old Kinderhook". Jadi, para pendukungnnya membentuk group yg bernama "O.K. Club", yang mempunyai makna ganda, yaitu : "Oll Korrect" dan "Old Kinderhook". Namun, ini memberikan kesempatan kepada lawan Van Buren untuk mengejek pendukungnya sebagai kelompok yg buta huruf.

Itu versi sejarah yang beredar di search engine, namun masih ada beberapa fakta lain seputar istilah “OK”.

Kalimat "okey-Doke" pertama kali muncul tahun 1932, asalnya dari kebiasaan orang Inggris yg mengucapkan "OK" berbunyi "Okie". Kemudian dibawa ke Amerika, dimana orang Amerika membunyikannya dengan versi "E" yg lebih panjang, sehingga menimbulkan sajak.

Orang-orang Yunani yg bermigarasi ke Amerika, namun setelah kembali lagi ke tanah airnya disebut oleh orang Yunani sebagai "Okay-Boys", dikarenakan mereka telah mengadopsi kebiasaan Amerika yg mengucapkan kata "OK".

Bentuk kata kerja "OK" awalnya muncul pada tahun 1919 yang dijabarkan sebagai "Okeh", yang dibingungkan dengan kata orang Choctaw (orang asli Amerika yang ada dibagian Tenggara Amerika) "Okeh", yang berarti "It Is So". Namun, pada tahun 1929, ejaan ini diganti dengan "oke", yang telah cukup banyak bertahan sampai hari ini.
 
Ada juga asal-usul OK yg lainnya nih, guys:
1) ‘OK' berasal dari istilah telegram era 1860-an untuk Open Key. Ini sejenis kunci seperti yang ada pada papan kunci (keyboard) komputer modern.
2) ‘OK' sebagai singkatan dari O (zero) Killed. digunakan Tentara Amerika . Zero Killed berarti tidak satupun prajurit yang tewas dalam misi itu.
3) ‘OK' sebagai singkatan dari Oberst Kommandant (istilah orang Jerman) dan digunakan oleh Baron Von Steuben, seorang Jenderal Amerika dalam Perang Revolusi.
4) OK' berasal dari nama Perancis untuk pelabuhan di Haiti, Aux Cayes, yang terkenal dengan produksi rum.
5) ‘OK' sebagai singkatan dari Orrin Kendall, nama merek crackers (biskuit asin) yang dikirim sebagai suplai makanan bagi tentara Amerika selama Perang Sipil.
6)  ‘OK' sebagai singkatan untuk oll korrect, kesalahan eja untuk all correct. Presiden AS Andrew Jackson seorang pengeja yang payah dan menuliskan OK dengan maksud menandai bahwa semua dokumen kenegaraan yang dibacanya berstatus all correct. Banyak etimolog mengatakan penjelasan inilah yang paling mendekati kebenaran.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...