Asal-Usul Beberapa Istilah

“good night, sleep tight”
zaman dahulu, sebelum tidur orang-orang inggris mengikatkan ujung-ujung matrasnya dengan tali yang dikaitkan kerangka tempat tidur. ketika seseorang hendak berangkat tidur, maka tali-tali tersebut ditarik sehingga matras menjadi lebih kencang, agar bisa lebih “firm” untuk tidur. dari sinilah maka lahirlah ekspresi “good night, sleep tight”

“honeymoon”
dimasa babylon 4000 tahun lalu, selama sebulan setelah acara pernikahan,ayah dari mempelai putri biasanya akan menyediakan sejenis minuman yang terbuat dari madu lebah. dan karena mereka menggunakan kalender lunar sebagai sistem penanggalan, maka tenggang masa selama sebulan itu mereka sebut sebagai “honeymoon”


“you’re fired”
orang-orang scotland pada millenium pertama mempunyai kesepakatan untuk mengusir orang tak berkenan dari kampung mereka, dengan jalan membakar rumah orang tersebut tanpa memberikan peringatan sebelumnya. dari sinilah istilah “get fired” untuk orang yang dikeluarkan secara paksa dari organisasi.

“fuck”
dahulu, di inggris, seseorang tidak bisa berhubungan badan tanpa memiliki izin tertulis dari raja (kecuali kalau memang dia anggota keluarga kerajaan). jadi jika seseorang ingin memiliki bayi, mereka akan pergi ke raja untuk meminta izin tertulis. sang raja kemudian memberikan semacam kartu pass yang harus digantung didaun pintu kamar ketika mereka berhubungan badan. kartu ini bertulisan “fuck” (fortification under consent of the king).

dutch treat
merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sikap orang belanda yang ‘agak’ enggan untuk mengeluarkan uang (a.k.a pelit). istilah ini tercatat pertama kali di amerika pada tahun 1887. sedangkan istilah go dutch keluar pada tahun 1914. kata tersebut seringkali digunakan pada saat kita makan-makan di sebuah rumah makan dan berarti: bayar masing-masing yeee..

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...